Home » » Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Masalah Pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Masalah Pendidikan

Written By EggY Hendriyawan on Saturday, April 14, 2012 | 7:36 PM

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan yaitu :
Perkembangan iptek dan seni
Perkembangan iptek
Pendidikan dengan iptek itu erat sekali, karena ilmu pengetahuan hasil eksplorasi secara sistem dan terorganisasi mengenai alam semesta, dan teknologi penerapan yang direncanakan dari ilmu pengetahuan untuk kebutuhan masyarakat. Dan karena  manusia tidak memiliki rasa puas maka timbul inovasi baru yang mengundang masalah. Pertama karena belum ada jaminan inovasi itu membawa hasil, kedua, pada dasarnya orang merasa ragu dan gusar menghadapi hal baru.
Masalahnya ialah bagaimana cara mengenalkan suatu inovasi agar orang menerima, karena inovasi mengandung 2 aspek yaitu aspek konsepsional dan oprasional.
Perkembangan seni
Kesenian merupakan aktivitas berkreasi manusia, secara individual atau kelompok yang menghasilkan sesuatu yang indah. Kesenian menjadi kebutuhan karena melalui seni kita dapat mengalurkan dorongan berkreasi (mencipta) yang bersifat orisinil dan spontanitas dalam menemukan keindahan.
Sudah seyogianyaseni dikembangkan melalui sistem pendidikankarena dari segi lapangan kerja dewasa ini dunia seni mengalami perkembangan pesat dan mendapat tempat dalam kehidupan masyarakat.
Laju pertumbuhan penduduk
Masalah kependudukan dan kependidikan bersumber pada
Pertumbuhan penduduk menurut Emil Salim (Conny R. Semiawan 1991. 18)
Dari abad XII, terus menerus bahan pendudukan akan terjadi pertambahan jumlah penduduk meskipun KB berhasil. Sebabnya tingkat kematian turun hingga 4,5 % dari turunnya tingkat kelahiran, hingga 3,5%.
Dengan bertambahnya penduduk prasarana dan saran pendidikan harus ditambah dan struktur kependudukan juga berubah yaitu proporsi penduduk usia sekolah menurun sedang usia sekolah lanjutan, angkatan kerja, penduduk usia tua meningkat berkat kemajuan bidang gizi dan kesehatan.
Penyebaran penduduk
penyebaran penduduk yang tidak merata, juga dapat mempengaruhi mutu luaran pendidikan antara luaran kota dan pedesaan. Ini juga menjadi perusak pola pasaran kerja yang seharusnya menjadi acuan dalam pengadaan tenaga kerja.
Aspirasi masyarakat
Dalam dua desa  warsa terakhir ini aspirasi masyarakat dalam banyak hal meningkat, khususnya aspirasi terhadap pendidikan hidup yang sehat, aspirasi terhadap pekerjaan, semua ini mempengaruhi peningkatan aspirasi terhadap pendidikan. Oleh karena itu aspirasi ini tidak boleh diredam, justru sebaliknya harus dibangkit dan ditingkatkan utamanya pada masyarakat yang belum maju dan daerah terpencil sebab aspirasi menjadi motor penggerak roda kemajuan.
Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
Latar belakangan budaya adalah suatu istilah yang diberikan oleh sekelompok masyarat(yang menganggap dirinya maju) kepada masyarakat lain pendukung suatu budaya. Keterbelakangan budaya terjadi karena :
Letak geografis tempat tinggal suatu masyarakat
Penolakan masyarakat terhadap terhadap unsur budaya baru karena tidak dipahami  atau karena dikhawatirkan akan merusak sendi masyarakat
Dan keterbelakangan ini dialami oleh masyarakat daerah terpencil, masyarakat yang tidak mampu secara ekonomis dan masyarakat yang kurang terdidik.

                                         Baca juga : Permasalahan Aktual Pendidikan di Indonesia

Rating: 100% based on 99998 ratings.5 user reviews. | Judul: Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Masalah Pendidikan. | Ditulis oleh EggY Hendriyawan

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Prediksi bola

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. berAGam InfO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger