Home » » Pengertian Ilmu dan Definisi Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu dan Definisi Ilmu Pengetahuan

Written By EggY Hendriyawan on Thursday, April 12, 2012 | 2:51 PM

Ilmu pengetahuan diambil dari kata bahasa Inggris science, yang berasal dari bahasa latin scientia dari bentuk kata kerja scire yang berarti mempelajari, mengetahui. 
Sedangkan menurut The Liang Gie (1987) memberikan pengertian ilmu adalah rangkaian aktifitas penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia ini dalam berbagai seginya, dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia.

A. Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan
Ciri persoalan pengetahuan ilmiah antara lain adalah persoalan dalam ilmu itu penting untuk segera dipecahkan dengan maksud untuk memperoleh jawaban. 
Ilmu pengetahuan atau pengetahuan ilmiah menurut :
· The Liang Gie (1987) mempunyai lima ciri pokok : Empiris, Sistematis, Objektif, Analitis, Verifikatif.
· Van Melsen (1985) mengemukakan ada delapan ciri yang menandai ilmu, yaitu sbb;
1. Ilmu pengetahuan secara metodis harus mencapai suatu keseluruhan yang secara logis koheren. Itu berarti adanya sistem dalam penelitian (metode) maupun harus (susunan logis)
2. Ilmu pengetahuan tanpa pamrih karena itu erat kaitannya dengan tanggung jawab ilmuwan.
3. Universalitas ilmu pengetahuan
4. Objektifitas, artinya setiap ilmu terpimpin oleh objek dan tidak di distorsi oleh. prasangka-prasangka subjektif.
5. Ilmu pengetahuan harus dapat diverifiasi oleh semua peneliti ilmiah yang bersangkutan, karena itu ilmu pengetahuan harus dapat dikomunikasikan.
6. Progresifitas, artinya suatu jawaban ilmiah baru bersifat ilmiah sungguh-sungguh, bila mengandung pertanyaan baru dan menimbulkan problem baru.
7. Kritis, artinya tidak ada teori yang definitif, setiap teori terbuka bagi suatu peninjauan kritis yang memanfaatkan data-data baru.
8. Ilmu pengetahuan harus dapat digunakan sebagai perwujudan kebertautan antara teori dengan praktis.

B. Keragaman Dan Pengelompokan Ilmu Pengetahuan 
Pengelompoka ilmu itu yakni sebagai berikut:
· Ilmu formal dan ilmu nonformal atau ilmu formal/non empiris
· Ilmu murni dan ilmu terapan
· Ilmu nomotetis dan idiografis
· Ilmu deduktif dan induktif
· Naturwisseneschaften dan geisteswissenschaften
· Ilmu-ilmu empiris secara lebih khusus yang meliputi ilmu alam,ilmu hayat,dan ilmu manusia.

C. Susunan Ilmu Pengetahuan
1. Langkah-langkah dalam ilmu pengetahuan: 
a. Perumusan masalah
b. Pengamatan dan pengumpulan data atau observasi
c. Pengamatan dan klasifikasi data
d. Perumusan pengetahuan (Definisi)
e. Tahap ramalan (prediksi)
f. Pengujian kebenaran hipotesis (verifikasi)

2. Limas ilmu 
Dalam tradisi, ilu-ilmu bisa digambarkan dalam entuk limas. Dasar limas meliputi semua data yang diperoleh suatu disiplin ilmu tertentu melalui pengamatan (observasi), percobaan-percobaan (eksperimen).
3. Siklus empiris
Ilmu empiris memperoleh bahan-bahannya melalui pengalaman.
4. Penjelasan dan ramalan 
Seorang ilmuan setelah selesai melakukan pengamatan, ia harus membuat suatu uraian atau tuturan dari hal yang dicatatnya

D. Ilmu dan Teknologi
Menurut The Liang Gie (1982), ada tujuh perbedaan antara ilmu dan teknologi diantaranya:
1. Teknologi merupakan suatu sistem adaptasi yang efisien untuk tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ilmu berkaitan dengan pemahaman dan bertujuan untuk meningkatkan pola pikir manusia, sedangkan teknologi memusatkan diri pada manfaat dan tujuannya adalah untuk menambah kapasitas kerja manusia.
2. Tujuan ilmu adalah memajukan pembangkitan pengetahuan, sedangkan tujuan teknalogi adalah memajukan kapasitas teknis dalam membuat barang atau layanan.
3. Abrams dan Layton merumuskan perbedaan ilmu dan teknologi terkait dengan pemegang peran.Ilmuan mencari tahu, teknologi mengerjakan.
4. Ilmu bersifat ‘supranasional’ (mengatasi batas negara), sedangkan teknologi harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tertentu.
5. Input teknologi berbagai jenis, yaitu material alamiah, daya alamiah, keahlian, teknik, alat, mesin, ilmu maupun pengetahuan dari berbagai macam, misalnya akal sehat, pengalaman, ilham, intuisi, dan lain-lain. Adapun ilmu adalah pengetahuan yang telah tersedia.
6. Output ilmu adalah pengetahuan baru, sedangkan teknologi menghasilkan produk berdimensi tiga.

E. Wujud Ilmu

Menurut The Liang Gie (2000), pemahaman yang tertib tentang ilmu adalah pemaparan menurut tiga ciri pokok sebagai rangkaian kegiatan menusia atau proses, sebagai tata tertib tindakan pikiran atau prosedur, dan sebagai keseluruhan hasil yang dicapai atau produk. 

I. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Luar Islam.
Perkembangan ilmu pengetahuan sepeti sekarang ini tidaklah berlangsung secara mendadak, melainkan terjadi secara bertahap, evolutif. Karena untuk memahami sejarah perkembangan ilmu mau tidak mau harus melakukan pembagian atau klasifikasi secara periodik, karena setiap periode menampilkan ciri khas tertentu dalam perkembangan ilmu pengetahuan. 

A. Zaman Pra Yunani Kuno
Sebelum Masehi sisa peradaban manusia yang ditemukan pada masa ini (dalam tim dosen filsafat ilmu fakultas filsafat, 1996) antara lain:

1. Alat-alat dari batu;
2. Tulang belulang hewan;
3. Sisa beberapa tanaman;
4. Gambar di gua-gua;
5. Tempat penguburan;
6. Tulang belulang manusia purba.

B. Zaman Yunani Kuno 
Zaman Yunani Kuno dipandang sebagai zaman keemasan filsafat, karena pada masa ini orang memiliki kebebasan unuk mengungkapkan ide-ide atau pendapatnya. 

C. Zaman Abad Pertengahan 
Zaman abad pertengahan ditandai dengan tampilnya para teolog dilapangan ilmu pengetahuan. Semboyan yang berlaku bagi ilmu pada masa ini adalah anchilla theologia atau abdi agama. 

D. Zaman Renaissance
Penemuan ilmu pengetauan modern sudah mulai dirintis pada zaman renaissance. Ilmu pengetahuan yang berkembang maju pada masa ini adalah bidang astronomi.

E. Zaman Modern
Zaman modern ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman modern sesungguhnya sudah dirintis sejak zaman renaissance

F. Zaman Kontemporer (Abad Ke-20 Dan Seterusnya )
Imuan kontemporer mengetahui hal yang sedikit, tetapi secara mendalam. Ilmu kedokteran semakin menajam dalam spesialis dan subspesials atau super-spesialis, demikian pula bidang ilmu lain. 

II. Perkembangan Ilmu Di Dalam Islam
Ilmu-ilmu agama islam baru muncu pada masa-masa awal dari Dinasti Abbasiyah (133-766H atau 750-1258), setelah kaum muslimin dapat menciptakan stabilitas keamanan diseluruh wilayah islam. Pada masa itu muncul berbagai kegiatan dalam kaitannya dengan kebangkitan ilmu pengetahuan ini, yang meliputi: (1) penyusunan buku-buku, (2) perumusan ilmu-ilmu islam, dan (3) penerjemahan manuskrip dan buku berbahasa asing kedalam bahasa arab.

Perkembangan ilmu-ilmu dalam agama islam, sebagai berikut: 
a. Ilmu-Ilmu Alquran (‘Ulum Alquran)
b. Ilmu Hadis (‘Ulum Al-Hadits)
c. Ilmu Kalam (Ilmu Tauhid)
d. Filsafat Islam 
e. Ilmu Akhlak Dan Ilmu Tasawuf
f. Ilmu Fiqih
g. Ilmu Ushul Al-Fiqih Dan Ilmu Qawa’id Fiqhiyyah
h. Ilmu Sejarah Islam.

Dalam perkembangannya pada masa kini,terutama sebagai respon terhadap perkembangan zaman, para ulama dan sarjana Muslim telah berupaya untuk mengembangkan ilmu-ilmu agama islam,tidak hanya terbatas pada bidang-bidang tersebut diatas,melainkan mencangkup juga konsep-konsep atau teori-teori tentang berbagai persoalan kemasyarakatan. Kini muncul pula ilmu politik islam dan ilmu ekonomi islam sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri,yang dikembangkan masing-masing dari fiqih siyasah dan fiqih mu’amalah,yang lebih bersifat normatif.ilmu politik islam dan ekonomi islam ini tidak semata-mata normatif,tetapi sebagainya juga empiris sebagai hasil perpaduan antara norma dan fakta yang dialami umat islam dan umat lain. 





Rating: 100% based on 99998 ratings.5 user reviews. | Judul: Pengertian Ilmu dan Definisi Ilmu Pengetahuan. | Ditulis oleh EggY Hendriyawan

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Prediksi bola

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. berAGam InfO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger