Home » » Tanggung Jawab Sekolah

Tanggung Jawab Sekolah

Written By EggY Hendriyawan on Sunday, April 15, 2012 | 6:29 PM


Tanggung Jawab Sekolah - Yang dimaksud dengan sekolah disini ialah, lembaga yang menyelenggarakan  pendidikan dan pengajaran secara formal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran telah ada sejak jaman Yunani kuno. Kata sekolah berasal dari Bahasa Yunani Schola yang berarti waktu menganggur atau waktu senggang. Bangsa Yunani kuno mempunyai kebiasaan berdiskusi guna menambah ilmu dan mencerdaskan akal. Lambat laun usaha ini diselenggarakan secara teratur dan terencana secar formal, sehingga akhirnya timbullah sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang bertugas untuk menambah ilmu dan kecerdasan akal.

Sekolah menyelenggarakan pendidikan karena mendapat limpahan sebagian dari tugas dan tanggung jawab orang tua untuk menyelenggarakan pendidikan. Tugas dan tanggung jawab sekolah terhadap pendidikan ini terbatas pada wewenang yang diberikan orang tua. Pemikul tugas dan tanggung jawab pendidikan di sekolah adalah seorang guru. Guru adalah pendidik profesional, karena ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang dipikul orang tua. Tatkala orang tua menyerahkan anaknya ke sekolah sekaligus melimpahkan tanggung jawab pendidikan anaknya kepada guru.

Islam sangat menghargai orang berilmu (guru/alim ulama) sehingga hanya mereka sajalah yang pantas mencapai taraf ketinggian dan keutuhan hidup. Seperti yang tercantum pada QS. Al- Mujadilah 11 ;”Allah akan meningggikan orang-orang beriman dan berilmu diantara kamu hingga beberapa derajat”. Guru melaksanakan tugas yang berat tetapi mulia. Selanjutnya disamping tugas yang dipikulnya itu, keuntungan-keuntungan yang lainnya, baik secara moral material guru mendapatkan penghargaan dan penghormatan tertentu dari masyarakat di lingkungannya. Seperti halnya yang kita ketahui bahwa hanya guru lah yang mendapat gelar sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru adalah orang yang terus-menerus mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, kreatif dan tidak hanya menggantungkan metode pengajaran pada kurikulum semata serta komunikatif. Mereka harus paham bagaimana mengajar dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik tidak merasa takut dan bosan. 
Berikut ini adalah beberapa syarat untuk menjadi seorang guru :
v  Takwa kepada Allah sebagai syarat menjadi guru
v  Berilmu sebagai syarat untuk menjadi guru.
v  Sehat jasmani sebagai syarat menjadi guru
v  Berkelakuan baik
v  Mencintai jabatan sebagai guru
v  Berlaku sabar dan tenang
v  Guru harus berwibawa
v  Guru harus gembira
v  Harus bersifat manusiawi
v  Bekerja sama dengan guru-guru lain
v  Bekerja sama dengan masyarakat




                                                  Baca juga: Tanggung jawab Masyarakat
Rating: 100% based on 99998 ratings.5 user reviews. | Judul: Tanggung Jawab Sekolah. | Ditulis oleh EggY Hendriyawan

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Prediksi bola

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. berAGam InfO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger