Monday, 18 May 2015

Cara Membuat Partisi HDD Internal 3 TB

Cara Membuat Partisi HDD Internal 3 TB

gambar harddisk

Salam Blogger...!
Setelah berjam-jam saya meng-oprek harddisk dengan kapasitas 3TB untuk membuat partisi harddisk tersebut, bahkan dengan berbagai software tools Partisi Harddis seperti EASEUS, Minitools Partisi, Norton Partition Magic, GParted, Harddisk 3TB dibikin itu bikin begini,  Ternyata hasilnya sama, yaitu partisi hanya maksimal 2TB dan sisanya tidak bisa diapa2kan lagi. Bahkan untuk dibuat dengan partisi barupun malah muncul error.

Setelah mentok dengan segala cara untuk membuat utuh 3TB harddisk tersebut kemudian saya coba sowan mbah Google, klik sana klik sini, buka halaman sana sini, baca artikel, forum, feature dan lain-lain, baru ketemu penyebab kenapa harddisk 3TB tidak bisa dipertisi utuh menjadi 3TB. Ternyata Initial Harddisk MBR tidak support lebih dari 2TB. Walhasil langkah yang diperlukan :

  • Bersihkan semua partisi, seperti contoh gambar kita gunakan Minitools Partition Wizard Home Edition 8.1
  • Initial harddisk ke GPT.  
  • Setelah initial GPT selesai, akan muncul other partition dibagian depan partisi dengan ukuran sesuai dengan kapasitas harddisk.  
  • Baru sisa unallocated kita buat sekehendak kita.

Demikianlah sharing pengalaman saya dalam oprek dan membuat Partisi 3TB dan kebetulan yang kita pakai adalah Harddisk Intenal WDC 3TB.

selamat mencoba

Cara Membuat Partisi HDD Internal 3 TB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cyntya Arami

1 comments:

Entri Populer