Sunday, 24 May 2015

Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Satu masalah yang sering muncul saat kita memakai printer adalah saat kita melakukan cetak - mencetak, terkadang hasil cetakannya itu tidak sempurna, bergaris dan putus-putus, meskipun kita telah melakukan Head Cleaning terus menerus, namun tidak ada perubahan sama sekali. menurut pengalaman saya pribadi, biasanya masalah disebabkan karena :
  1. Printer mencetak terlalu banyak, bahkan sampai 100 halaman dengan hanya sekali cetak, Head Menjadi panas yang akhirnya dapat beresiko merusak Head Printer. jadi sekedar saran, jangan melakukan proses pencetakan seperti itu, beri rentang waktu printer anda untuk beristirahat sejenak, sampai suhu Head Printer anda kembali Normal.
  2. selain itu penyebab lain adalah Printer terlalu lama tidak beroperasi, atau terlalu lama menganggur dan menyebabkan Ink atau tinta menjadi mengering atau menggumpal sehingga menutupi Nozzle Head.
  3. Printer selalu digunakan, akan tetapi ada salah satu tinta yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan dalam tempo yang cukup lama, dan umumnya ini terjadi pada Cartridge warna, sehingga bukan tidak mungkin bahwa tinta tersebut menjadi menggumpa dan menyebabkan Cartridge menjadi buntu.

Bagaimana mengatasinya?
  1. Silahkan anda isi penuh tinta pada Cartridge yang buntu tadi.
  2. Ambil Printer Head Cleaner, kemudian tuangkan ke wadah yang sebelumnya telah anda persiapkan.
  3. Masukkan Cartridge anda ke wadah berisi cairan tersebut, untuk hasil yang maksimal sebaiknya diamkan selama satu hari penuh,
  4. selanjutnya lakukan penyedotan, (Untuk penyedotnya, anda bisa mendapatkan atau membeli di toko alat printer terdekat), Tempel pada ujung Head, lalu sedot secara perlahan hingga tinta benar-benar  keluar.
  5. Bersihkan Head Catridge menggunakan tissue yang halus. lakukan Cleaning terlebih dahulu, lalu lakukan Nozzle Check.
  6. Jika Tidak ada perubahan, lepas lagi, lalu lakukan penyedotan seperti pada point nomor 3
Jika memang setelah anda melakukan beberapa tahap di atas, Lantas tidak memberikan pemecahan terhadap masalah anda, Silahkan anda Membaca tahap berikutnya

Biasanya masalah Cartridge yang buntu atau mampet seperti ini, bisa kita atasi dengan hanya menerapkan metode pertama saja, jika masalahnya tergolong ringan, Untuk itu silahkan anda mencoba dan semoga berhasil.

Tahap berikutnya

Saya menyatakan demikian karena di pembahasan kali ini kita akan mencoba cara yang jauh lebih ekstreme lagi dari pada cara yang lalu, yaitu dengan mencoba membongkar Kartridge yang bermasalah tersebut. untuk mempersingkat waktu, kita langsung saja ke topik.




Tapi sebelum kita memulai, saya harapkan untuk mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang akan kita pergunakan nantinya yakni :

  1. Karet Gelang.
  2. Perekat Yang Cukup kuat, anda bebas mau memakai lem apa saja, biasanya saya menggunakan lem yang bermerk UHU.
  3. Obeng untuk mencongkel Cartridge.
  4. Pembersih kaca dengan sedikit ditambah spr*tus.
Jika semua bahan dan alat  telah anda persiapkan, sekarang ikuti beberapa tahap di bawah ini !
  1. Cungkil  Catridge dengan menggunakan sebuah obeng.
  2. Di situ anda melihat sebuah gabus yang tertanam di dalamnya, Silahkan keluarkan Gabus tersebut.
  3. Ambil Cairan kemudian masukkan ke dalam Catridge. Untuk mendapatkan Hasil yang maksimal Proses ini biasanya memakan waktu kurang lebih sekitar 1x24 Jam.
  4. Sedot Cartridge dengan menggunkan penyedot secara perlahan. sedot terus sampai seluruh cairan yang ada di dalam Cartridge betul-betul habis.
  5. Pasang kembali gabus yang anda lepaskan sebelumnya.
  6. Isi dengan tinta.
  7. Rekatkan kembali penutup Cartridge.
  8. Ikat Cartridge menggunakan karet gelang. pastikan  bahwa Cartridge terikat dengan kuat.
  9. Cartridge siap anda gunakan kembali.
Penting !! Hal yang harus anda perhatikan adalah saat anda merekatkan kembali Penutup Cartridge, pastikan bahwa Penutup Cartridge tersebut benar-benar rapat seperti semula dan tidak ada celah sama sekali diantara kedua permukaan atau sisi yang telah di lumuri lem. karena bisa menimbulkan masalah Cartridge tidak terdeteksi oleh printer, oleh karena itu saya mengingatkan kembali !!, sebelum anda melakukan tahap-tahap di atas sebaiknya anda menerapkan langkah-langkah di toturial sebelumnya.

Seperti yang telah saya jelas kan di atas tadi, bahwa ini adalah langkah terakhir untuk menyelamatkan Cartridge anda, Oleh karena itu, Jika kedua langkah - langkah ini telah anda terapkan baik itu Part 1 Dan Part 2 namun tidak membuahkan hasil sama sekali, itu tandanya Cartridge anda memang telah rusak sebelumnya, dan itu artinya bahwa anda harus mengganti Cartridge tersebut dengan yang baru.

Saya berharap dengan menjalankan beberapa langkah-langkah di atas dapat menyelesaikan masalah anda, itu untuk toturial kali ini, cukup sampai disini dulu.


sumber : http://printerarea.blogspot.com

Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cyntya Arami

0 comments:

Post a Comment

Entri Populer