Wednesday 20 May 2015

Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya terlengkap

Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya - Komputer merupakan suatu perangkat yang sangatlah berguna saat ini. Bagaimana tidak? Bagi sebagian orang komputer sudah merupakan kebutuhan pokok, terlebih bagi mereka yang sering berkutat dalam bidang teknologi informasi. Komputer sangatlah penting bagi di keseharian mereka baik itu untuk pekerjaan, hiburan, atau mungkin hal lainya. Oleh karena itu, sudah tidak jarang dari mereka yang mempunyai komputer pribadi di rumahnya.

Wlaupun demikian masih banyak dari mereka yang mungkin tidak tahu menahu apa saja Macam-Macam Hardware Komputer. Karena kebanyakan dari mereka hanya asal memakai  tidak ingin tahu lebih lanjut (semoga Anda tidak begitu). Nah, oleh karena itu, disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai apa saja macam hardware komputer yang biasa kita temui. Mungkin setelah kita mengetahui sedikit banyak tentang Hardware Komputer, kita pun akan sedikit terbantu jika terjadi trouble (permaslahan) yang terjadi.


Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya

Macam-Macam Hardware Komputer :

Mainboard / Motherboard
Motherboard atau biasa disebut papan induk adalah sebuah hardware yang berfungsi sebagai penghubung semua perangkat komputer lainnya. Jadi, semua perangkat seperti Processor, RAM, Harddisk dan lain sebagainya terhubung menjadi satu di papan induk ini. Baca selengkapnya

Processor
Processor bisa dibilang adalah otak dari sebuah komputer. Mengapa demikian? Karena setiap proses yang masuk maupun keluar selalui diproses oleh processor ini. Oleh karenanya tidak heran processor merupakan salah satu hardware yang sangat mudah panas. Dan karena mudah terlalu panas ini pula, processor selalu dilindungi oleh Heatsink Fan (kipas pendingin).



Harddisk
Harddisk adalah perangkat keras yang berfngsi untuk menyimpan data kita pada komputer. Dengan ini kita dapat menyimpan semua file, dokumen, atau pun berkas-berkas penting lainnya. Macam-macam harddisk misalnya, ATA, SATA, dan SCSI. Harddisk ada dua jenis yaitu Hdd Internal dan Eksternal

RAM atau Memory
RAM merupakan alat penyimpanan data sementara. Loh maksudnya? Perintah, data dan proses lainya disimpan sementara di memory ini. Jika komputer direstart, maka semua yang tersimpan di RAM akan hilang.

Power Supply
Power supply merupakan perangkat yang terhubung langsung dengan aliran listrik. Perangkat ini berfungsi sebagai pemberi daya listrik yang dapat merubah tegangan AC menjadi DC.

Monitor
Merupakan salah satu alat output berupa tampilan visual yang terhubung menggunakan video card

VGA Card / Viedo Card
Perangkat keras ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar kualitas atau spesifikasi VGA anda, maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Keyboard
Merupakan papan ketik yang berfungsi untuk menampilkan output di layar monitor berupa angka, huruf, simbol-simbol, maupun perintah yang dapat dijalankan menggunakan keyboard. Baca Selengkapnya

Mouse
Sesuai dengan namanya,  bentuk dari perangkat ini menyerupai tikus. Alat yang diberi nama mouse ini berfungsi untuk menggerakan kursor pada layar monitor.

Beberapa perangkat keras yang disebutkan diatas merupakan komponen dasar komputer yang perlu ketahui bagi Anda yang ingin belajar komputer. Walaupun masih banyak yang belum disebutkan, tetapi setidaknya Anda bisa memahami beberapa ulasan diatas.

Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

Entri Populer