Tuesday, 19 May 2015

Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri Penyebab Laptop Rusak


Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri - Penyebab Laptop Rusak , rahasia memperbaiki

Baru-baru ini banyak teman yang menanyakan pada saya "kenapa laptop saya sering mati?" wah saya agak bingung juga mau ngomong apa, soalnya penyebab laptop mati sendiri sangat bervariasi kawan. Mulai dari RAM, Prosesor, Penyebab dari debu, Sistem Operasi bermasalah, Batrai ngedrop, Mainboard problem atau terkena virus maleware komputer. Berikut sedikit reffernsi dari saya jika kompi atau laptop mendadak padam.


Apa Penyebab Laptop Mati Mendadak?

Mati sendiri secara tiba-tiba ketika sedang dipakai atau mati mendadak karena laptop anda kualitasnya kurang terjamin mungkin saja terjadi. Penyebab komputer dan laptop sering mati sendiri adalah sbb :

1. RAM Bermasalah
Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri - Penyebab Laptop Rusak - RAM Laptop atau Sodim
RAM (Sodim)
 
Ram atau Sodim merupakan posisi yang cukup penting dalam sebuat komputer/laptop yaitu tempat penyimpanan sementara data, jika RAM komputer bermasalah maka program tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Jika anda tahu tentang dalaman laptop, coba bongkar dalaman laptop kemudian ambil RAM nya tersebut, bersihkan temabaga RAM nya tersebut dengan Penghapus . Cukup dengan berishkan perlahan-lahan tembaganya dengan penghapus, lihat perbedaannya, tembaga ram akan menjadi lebih bersih. Kemudian tancapkan lagi dan jalankan, semoga laptop tidak mati sendiri lagi. Jika panasnya terasa dari arah tempat hardisk, cek apakah penggunaan RAM sudah overload.



2. Kepanasan Yang Berlebihan - Overheating
Laptop Overheat memiliki beberapa ciri yaitu :

  • Keyboard dan bagian bawah laptop akan sangat panas saat laptop tersebut bekerja.
  • Kipas pendingin CPU bekerja sepanjang waktu dengan kecepatan rotasi maksimum dan beroperasi jauh lebih keras dari sebelumnya.
  • Tanpa peringatan laptop akan meti mendadak.

Ini biasa terjadi karena pemakainan laptop yang cukup lama sehingga overhead terjadi secara tiba-tiba. Sehingga ada titik dimana laptop akan mendadak mati untuk meredakan hawa panas didalamnya.


3. Banyak Kotoran dan Debu di dalam Laptop
Jangan dikira debu tak bisa membuat laptop anda rusak yah, laptop bisa mati sendiri dan overheat alias kapanasan karena masin kipas yang bedebu dan macet. Jika anda bisa membongkar laptop/komputer, bersihkan laptop tersebut dengan kuas, terutama di bagian kipas dalam dan saluran pembuangan udara. Biasanya, laptop anda bermasalah mati sendiri akibat tersumbatnya saluran udara dan kipas dalam, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


4. Pasta Prosesor Kering

Prosesor rusak kering Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri - Penyebab Laptop Rusak
Prosesor

Inilah yang sering terjadi jika laptop anda sudah berumur lama, pasta prosesor akan menjadi kering, akibatnya panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir dan laptop akan mati sendiri. Solusinya, jika anda tahu tempat dimana letak prosesor tersebut, buka tempatnya, kemudian oleskan Pasta Prosesor secara merata. Jika anda tidak tahu tempatnya, jangan sekali-kali membuka tempat prosesor tersebut. Harga pasta prosesor relatif murah, bisa didapatkan di toko-toko komputer terdekat.


 

5. Sistem Operasi Bermasalah
Untuk yang satu ini anda tidak perlu hawatir, tinggal install ulang saja laptop anda dengan sistem operasi yang baru, sesuaikan juga dengan spesifikasi laptop anda. Penyebabnya bisa saja ada program yang crash, sering terjadi restart ulang pada laptop.


6. Mainboard Rusak
 
Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri - Penyebab Laptop Rusak Mainboard Rusak
Mainboard

Masalah yang paling berat ditanggulangi adalah jika mainboard rusak. Jika penyebab pertama sampai ke empat sudah dilakukan dan tidak ada solusinya, maka anda coba bawa ke tukang service untuk mengeceknya kembali. Biasanya mainboard bermasalah akibat umur laptop sudah lama dan laptop sering dipakai terus-terusan. Ganti mainboard dan membeli laptop baru harganya tidak terlalu jauh, anda harus pikir-pikir lagi untuk mengganti hardware yang satu ini. Harga mainboard terbaru saat ini lumayan mahal, tapi semakin tahun tetap saja harganya turun. Jadi jika membeli mainboard harap yang teliti dan benar" pilih mainboard yang bagus agar nantinya tidak kecewa :)


7. Batrai Ngedrop 
Batrai Ngedrop Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri - Penyebab Laptop Rusak
Batrai Laptop

Wah kalau yang satu ini matinya sebuah laptop biasanya ketahuan dan tidak secara mendadak. Namun ini mungkin saja penyebab dari sering matinya laptop anda. Jangan lupa sering mengecek status battrai laptop anda, karena jika batrai anda selalu habis kurang dari 1 jam pemakaian maka itu sudah termasuk pada kategori ngedrop / batrai laptop sudah rusak. Jika ingin membeli batrai laptop, harga batrai laptop terbaru berkisar antara 500 sampai 2 juta. Tergantung dari merek batrai laptop dan besar kapasaita batrainya.

Menjaga suhu laptop sangat penting kawan. jangan lupa memakai Cooling Pad saat memakai komputer/laptop, biar laptop tetap terjaga suhunya. Sekian tentang Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat bagi jenis laptop yang sering mati. 

Itulah beberapa informasi tentang Penyebab Laptop Mati Sendiri. Jika anda masih belum puas akan info penyebab laptop mendadak mati yang saya berikan, anda bisa bertanya pada ahlinya secara langsung atau membeli buku paduan cara membenarkan laptop mati sendiri

selamat mencoba

Penyebab Laptop Mati-mati Sendiri Penyebab Laptop Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cyntya Arami

0 comments:

Post a Comment

Entri Populer