Sunday 17 May 2015

Pengertian Hardisk Dan Fungsinya

 Pengertian Hardisk Dan Fungsinya


Buat anda yang sedang mencari pengertian hardisk dan fungsinya untuk pengetahuan atau untuk mengerjakan tugas, saya akan beri penjelasan secara terperinci sesuai dengan pertanyaan yang sering muncul di pencarian google. memang penting untuk mengetahui kegunaan hardisk agar anda tau bagaimana cara merawat hardisk dan menggunakanya secara benar.

Pengertian Hardisk

Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.
gambar hadisk
gambar hadisk

Fungsi Hardisk

Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara. oleh karena itu peranan hardisk sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.
sebelum bisa di gunakan hardisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sistem operasi yang di gunakan, contoh dalam windows format partisi pada hardisk biasanya jenis NTFS. mengapa format penting untuk di lakukan  ? karena agar sistem operasi bisa mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan format yang sesuai dengan sistem operasi tersebut.
tips dari saya alahkah baik nya jika anda membaca artikel saya tentang cara mempartisi hardisk yang baik dan benar agar anda paham cara membuat partisi memformat hardisk dan menginstall kan sistem operasi windows atau linux.

perbedaan hardisk sata dan ata

perbedaan yang saya lihat dari hardisk ata dan sata adalah dari bentuk socket dan kabel nya, kalo ata cenderung besar atau biasanya hardisk nya produk jadul dan kalo sata itu kabel nya kecil dan biasanya sata sudah terpasang di hardisk dan motherboard masa kini. contoh bentuk nya anda bisa lihat gambar di bawah.
perbedaan hardisk sata dan ata
perbedaan hardisk sata dan ata
nah contoh perbedaanya bisa anda lihat di atas
setelah itu saya akan beri beberapa tips lagi tentang cara merawat hardisk agar penggunaan menjadi lebih awet dan hardisk mempunyai umur yang panjang, karena pengggunaan yang salah akan menyebabkan hardisk cepat rusak.
tapi jika sudah terlanjur rusak atau bermasalah langkah baiknya jika anda juga membaca artikel saya selanjutnya tentang cara memperbaiki hardisk, agar menjadi pengetahuan untuk anda yang mulai memperlajari dunia komputer dan agar anda bisa irit biaya karena anda tidak harus pergi ketukang service :D
ok sekian dulu dari saya tentang pengertian hardisk dan fungsinya, semoga artikel yang telah saya ketik bermanfaat untuk anda yang membutuhkan like dan share akan sangat membantu

sumber :  .tuntor.com





Pengertian Hardisk Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Entri Populer